Langsung ke konten utama

Install Oracle XE 10 di Ubuntu / Debian

buat mengisi malem minggu yang seperti hari hari biasa. saya memutuskan untuk membuka kembali lembar lembar mata kuliah selama semester ini. teringat kalau semester ini saya mengikuti matakuliah basisdata terdistribusi dan juga skripsi saya tentang basisdata terdistribusi juga. hah. tapi bedanya saya akan menggunakan postgreSQL dan SQLite. tapi sepanjang semester ini saya di ajarkan oleh dosen saya sebut saja pak didik cara membuat basisdata terdistribusi. tapi pada waktu itu kami di ajarkan menggunakan sistem operasi JENDELA yang mau ga mau harus saya ikuti.
Setelah beberapa minggu berlangsung dan sekarang sudah masuk minggu tenangm saya iseng bertanya kepada teman saya. ada ga sih oracle buat linux? dia jawab ada. tapi tidak support dengan debian. karena yang di keluarkan oleh oracle sendiri file dalam bentuk .rpm (kepunyaan RH)
SAya mulai penasaran. apakah benar? saya akhirnya browsing browsing.. akhirnya ketemu. dan saya langsung mencoba untuk melakukan penginstallan.
dengan cara:

1. buka terminal. ketik

~$ sudo apt-get install libc6-i386
untuk yang 64bit.

2. sebelumnya download file :
file pertama
file kedua
3. install file bc.


~$ sudo apt-get install bc

4. Hasi File Download tadi saya letakkan file di home/user/Document/oracle
5. masuk ke dir file install.

~$ cd /home/user/Document/oracle~$ sudo dpkg -i *.deb

lalu reboot.

~$ sudo reboot

6. Untuk meng-konfigurasi kita masuk ke

~$ sudo su
~$ /etc/init.d/oracle-xe configure

7. setelah konfigurasi terbuka maka akan muncul tulisan seperti ini :
Specify the HTTP port that will be used for Oracle Application Express [8080]:isi 8080
Specify a port that will be used for the database listener [1521]: isi 1521
Specify a password to be used for database accounts.  Note that the same
password will be used for SYS and SYSTEM.  Oracle recommends the use of
different passwords for each database account.  This can be done after
initial configuration:system
Confirm the password:system
Do you want Oracle Database 10g Express Edition to be started on boot (y/n) [y]:y
tunggu hingga selesai

8. lalu buka file .bashrc



~$ sudo gedit /home/user/.bashrc

9. tambah tulisan ini di paling bawah.


ORACLE_HOME=/usr/lib/oracle/xe/app/oracle/product/10.2.0/server
PATH=$PATH:$ORACLE_HOME/bin
export ORACLE_HOME
export ORACLE_SID=XE
export PATH

10. lalu buka web browser dan ketikan alamat


http://127.0.0.1:8080/apex

nah untuk pengujiannya buka terminal.
ketikan

~$ sqlplus

maka akan muncul seperti ini:



nah. saya rasa cara membuat user baru mungkin teman bisa browsing sendiri ya.. cihuuyyy




Komentar

  1. Bismillahirrahmanirrahim. Wah, blog ini bagus kalau diarahkan fokus kepada database saja, Kang. Biar jadi blog spesifik macam opensuse-user.blogspot.com atau modemlinux.wordpress.com.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kang atas masukannya. sebenarnya blog ini ingin saya buat sebagai dokumentasi ketika saya menggunakan linux. saya sudah lama menggunakan OS ini. tapi saya tidak pernah sama sekali mendokumentasikan lewat tulisan. maka setelah mendapatkan ilham dari gusti allah dan kesadaran. maka saya mulai mendokumentasikan kegiatan saya menggunakan linux. kali ini memang saya suka mengotak atik database. karena alasan......

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Install SQLmap Ubuntu

sqlmap merupakan tools/alat opensource yang mendeteksi dan melakukan exploit pada Bug SQLinjection. dengan melakukan serangan SQL injection, peretas dapat mengambil alih hingga dapat memanipulasi sebuah database di dalam sebuah server. Sebelumnya, apa itu SQL Injection? SQL injection merupakan teknik hacking di mana peretas dapat menyisipkan perintah-perintah SQL melalu URL untuk di eksekusi oleh database. bug atau vulnerability ini terjadi karena kelalian seorang programer atau webmaster dalam melakukan pemograman web seperti tidak difilternya variabel dalam web tersebut. Cara installnya? $ sudo apt-get install git $ git clone https://github.com/sqlmapproject/sqlmap.git Untuk Menjalankannya, $ cd /patch/to/sqlmap/ jalankan dengan perintah dasar $ python sqlmap.py -h << untuk melihat basic options $ python sqlmap.py -u 'http://alamat.com'  contoh lain: $ python sqlmap.py --url=”http://192.168.152.129/dvwa/vulnerabilities/sqli/? id=1&Submit=S

PHP Apps in a Subdirectory in Nginx

 location /pilkades {     alias /var/www/html/pilkades;     try_files $uri $uri/ @nested;     location ~ \.php$ {         include snippets/fastcgi-php.conf;         fastcgi_param SCRIPT_FILENAME $request_filename;         fastcgi_pass unix:/run/php/php7.4-fpm.sock;     } } location @pilkades {     rewrite /pilkades/(.*)$ /pilkades/index.php?/$1 last; } atau: location /alias {     alias  /var/www/htmlalias;     location ~ /([^/]+\.php)$ {       try_files /$1 =404;       fastcgi_pass unix:/var/run/php5-fpm.sock;       fastcgi_index index.php;       include fastcgi_params;       fastcgi_param SCRIPT_FILENAME $document_root$fastcgi_script_name;     }   }

Backup Mysql ALL Database with Specific Methods ( #! /bin/bash)

#! /bin/bash # backup-mysql.sh # # Craig Sanders <cas@taz.net.au> # this script is in the public domain.  do whatever you want with it. MYUSER="root" MYPWD="PASSWD" ARGS="--single-transaction --flush-logs --complete-insert" DATABASES=$( mysql -D mysql --skip-column-names -B -e 'show databases;' | egrep -v 'information_schema' ); BACKUPDIR=/var/backups/mysql YEAR=$(date +"%Y") MONTH=$(date +"%m") DAY=$(date +"%d") DATE="$YEAR-$MONTH/$YEAR-$MONTH-$DAY" mkdir -p $BACKUPDIR/$DATE cd $BACKUPDIR/$DATE for i in $DATABASES ; do   echo -n "backing up $i: schema..."   mysqldump $ARGS --no-data -u$MYUSER -p$MYPWD $i > $i.schema.sql   echo -n "data..."   mysqldump $ARGS --skip-opt --no-create-db --no-create-info -u$MYUSER -p$MYPWD $i > $i.data.sql   echo -n "backup full databases"   mysqldump $ARGS -u$MYUSER -p$MYPWD $i > $i.full.sql   echo -n "Backup views"