Langsung ke konten utama

Install LAMPP dan Modifikasi LAMPP


Sebelum mengalami penyakit "Lupa" tingkat dewa, kali ini saya akan menulis pengalaman saya migrasi dari OS Jendela Bajakan ke OS Linux keturunan Debian (Linux Mint 15) di sebuah sekolah di Yogjakarta. Sebut saja sekolah SMA Muh 5 Yk.
Kali ini kami di hadapi masalah yang cukup simple. karena kurikulum Sekolah kami di haruskan menginstall apache friend. XAMPP. tetapi di linux sendiri sering di sebut LAMPP.
sebenarnya sih mudah. tanpa pikir panjang kami menginstall LAMPP di komputer itu dengan cara :

1. Download LAMPP
2. Buka terminal dan ketikan

~$ sudo su
~$ cd /home/user/Downlaod (sebut saja file tadi berada di folder download)
~$ chmod 755 xampp-linux-1.8.2-0-installer.run
~$ ./xampp-linux-1.8.2-0-installer.run

3. Penginstallan Selesai.

Sebenarnya cara itu bisa di lihat di web dari Apachefriend itu sendiri
untuk melakukan start apache dengan perintah

~$ sudo /opt/lampp/lampp start

Untuk Berhenti sendiri bisa menggunakan perintah

~$ sudo /opt/lampp/lampp stop

untuk mengetest berjalan atau tidaknya bisa membuka web dan menuliskan alamat

http://localhost

Standar sih. Tapi, pengurus lab menginginkan lain. untuk mempermudah murid dalam menggunakan linux khususnya linux mint.. maka dibuatlah semacam cara. antara lain:

1. ketika dihidupkan LAMPP langsung aktiv tanpa konfigurasi
2. murid tidak perlu membuka htdoc. murid kalo ingin mengupload file tinggal di masukan ke folder Public untuk menggantikan htdoc.

kami pun berfikir. iya juga ya.. kalo barusan pegang linux terus di aksih yang susah susah. trus juga murid ini murid SMA bukan SMK yang notabene mereka bukan konsentrasi di komputer atau jahit.
Nah, maka kami melakukan beberapa trik.

1. LAMPP langsung start ketika komputer di nyalakan. Dengan cara:
buka terminal.
ketikan:

~$ sudo nano /etc/rc.local

dan masukan perintah :

/opt/lampp/lampp start


kalo sudah kita coba restart PC. lalu kita hidupkan dan langsung masuk ke web dan tuliskan alamat

http://localhost/phpmyadmin



2. folder htdoc di pindah ke folder Public di home
buka terminal
ketikan :

~$ sudo su
~$ nano /opt/lampp/etc/httpd.conf

lalu pada code :

DocumentRoot "/opt/lampp/htdocs"
<Directory "/opt/lampp/htdocs">

saya ganti menjadi

DocumentRoot "/home/<user>/Public"
<Directory "/opt/<user>/Public">



lalu save.
dan ketikan perintah

~$ /opt/lampp/lampp restart

dan selesai..
untuk melakukan pengujian kami melakukan restart komputer beberapa kali dan masuk kedalam alamat web:

http://localhost



http://localhost/phpmyadmin

ini ceritaku
mana ceritamu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Install SQLmap Ubuntu

sqlmap merupakan tools/alat opensource yang mendeteksi dan melakukan exploit pada Bug SQLinjection. dengan melakukan serangan SQL injection, peretas dapat mengambil alih hingga dapat memanipulasi sebuah database di dalam sebuah server. Sebelumnya, apa itu SQL Injection? SQL injection merupakan teknik hacking di mana peretas dapat menyisipkan perintah-perintah SQL melalu URL untuk di eksekusi oleh database. bug atau vulnerability ini terjadi karena kelalian seorang programer atau webmaster dalam melakukan pemograman web seperti tidak difilternya variabel dalam web tersebut. Cara installnya? $ sudo apt-get install git $ git clone https://github.com/sqlmapproject/sqlmap.git Untuk Menjalankannya, $ cd /patch/to/sqlmap/ jalankan dengan perintah dasar $ python sqlmap.py -h << untuk melihat basic options $ python sqlmap.py -u 'http://alamat.com'  contoh lain: $ python sqlmap.py --url=”http://192.168.152.129/dvwa/vulnerabilities/sqli/? id=1&Submit=S

PHP Apps in a Subdirectory in Nginx

 location /pilkades {     alias /var/www/html/pilkades;     try_files $uri $uri/ @nested;     location ~ \.php$ {         include snippets/fastcgi-php.conf;         fastcgi_param SCRIPT_FILENAME $request_filename;         fastcgi_pass unix:/run/php/php7.4-fpm.sock;     } } location @pilkades {     rewrite /pilkades/(.*)$ /pilkades/index.php?/$1 last; } atau: location /alias {     alias  /var/www/htmlalias;     location ~ /([^/]+\.php)$ {       try_files /$1 =404;       fastcgi_pass unix:/var/run/php5-fpm.sock;       fastcgi_index index.php;       include fastcgi_params;       fastcgi_param SCRIPT_FILENAME $document_root$fastcgi_script_name;     }   }

Backup Mysql ALL Database with Specific Methods ( #! /bin/bash)

#! /bin/bash # backup-mysql.sh # # Craig Sanders <cas@taz.net.au> # this script is in the public domain.  do whatever you want with it. MYUSER="root" MYPWD="PASSWD" ARGS="--single-transaction --flush-logs --complete-insert" DATABASES=$( mysql -D mysql --skip-column-names -B -e 'show databases;' | egrep -v 'information_schema' ); BACKUPDIR=/var/backups/mysql YEAR=$(date +"%Y") MONTH=$(date +"%m") DAY=$(date +"%d") DATE="$YEAR-$MONTH/$YEAR-$MONTH-$DAY" mkdir -p $BACKUPDIR/$DATE cd $BACKUPDIR/$DATE for i in $DATABASES ; do   echo -n "backing up $i: schema..."   mysqldump $ARGS --no-data -u$MYUSER -p$MYPWD $i > $i.schema.sql   echo -n "data..."   mysqldump $ARGS --skip-opt --no-create-db --no-create-info -u$MYUSER -p$MYPWD $i > $i.data.sql   echo -n "backup full databases"   mysqldump $ARGS -u$MYUSER -p$MYPWD $i > $i.full.sql   echo -n "Backup views"