Langsung ke konten utama

Install Owncloud Ubuntu Server 12.04 LTS

ownCloud merupakan suatu perusahaan dengan proyeknya yaitu ownCloud project. Slogan perusahaan ini adalah Your Cloud, Your Data, Your Way!. ownCloud yang merupakan salah satu perangkat lunak berbagi berkas gratis dan bebas seperti Dropbox, menyediakan pengamanan yang baik, memiliki tata cara yang baik bagi pengguna aplikasi untuk membagi dan mengakses data yang secara lancar terintegrasi dengan perangkat teknologi informasi yang tujuannya mengamankan, melacak, dan melaporkan penggunaan data.
ownCloud menempatkan kontrol kepada pengguna teknologi informasi itu sendiri dan juga menawarkan penyedia layanan, pusat dan bagian transmisi yang berfungsi untuk menyediakan solusi sinkronisasi dan berbagi bagi pengguna.
ownCloud memberikan akses terhadap berkas-berkas secara universal dengan menggunakan antarmuka jaringan atau WebDAV. ownCloud dipelopori oleh Frank Karlitschek saat ia sedang membicarakan mengenai aplikasi bebas dan terbuka. Proses pemasangan tidak banyak membutuhkan syarat-syarat pada sistemnya dan tidak membutuhkan izin khusus. Kantor pusat ownCloud di Amerika terletak di Boston, Massachusetts dan kantor cabang di Eropa terletak di Jerman.
Untuk melakukan instalasi dapat dilakukan dengan cara:
1. Unduh File Owncloud dan ekstrak pada tautan
2. setelah selesei buka aplikasi terminal dan ketikan:
~$ sudo apt-get install apache2 mysql-server libapache2-mod-php5
~$ sudo apt-get install php5-gd php5-json php5-mysql php5-curl
~$ sudo apt-get install php5-intl php5-mcrypt php5-imagick
3. Masuk sebagai Super User dengan mengetikan:
~$ sudo su


4. pindahkan file hasil extrac tadi ke dalam directory /var/www
# cp -a /home/<user>/owncloud /var/www/ 

5. Atur Previlage directory '/var/www/owncloud' dengan pengguna dan kelompok pemilik webserver dengan mengetikan :
# chown www-data:www-data /var/www/owncloud 

6.  Restart apache2 dan mysql
# /etc/init.d/apache2 restart && /etc/init.d/mysql restart

7.  sebelumnya buat database mysql dengan cara ketikan pada terminal
mysql -u root -p (untuk user root)
lalu masukan perintah :
create database <namadatabse>;
exit


 8. Setalah selesai buka browser dan ketikan pada address bar "http://NAMASERVER/owncloud"
lalu masukan :
-database user
-database password
-database name
-database host

Lalu masuk.
9. Setelah masuk maka akan muncul gambar seperti di bawah:


Sumber:
owncloud
bloglain
wiki


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Install SQLmap Ubuntu

sqlmap merupakan tools/alat opensource yang mendeteksi dan melakukan exploit pada Bug SQLinjection. dengan melakukan serangan SQL injection, peretas dapat mengambil alih hingga dapat memanipulasi sebuah database di dalam sebuah server. Sebelumnya, apa itu SQL Injection? SQL injection merupakan teknik hacking di mana peretas dapat menyisipkan perintah-perintah SQL melalu URL untuk di eksekusi oleh database. bug atau vulnerability ini terjadi karena kelalian seorang programer atau webmaster dalam melakukan pemograman web seperti tidak difilternya variabel dalam web tersebut. Cara installnya? $ sudo apt-get install git $ git clone https://github.com/sqlmapproject/sqlmap.git Untuk Menjalankannya, $ cd /patch/to/sqlmap/ jalankan dengan perintah dasar $ python sqlmap.py -h << untuk melihat basic options $ python sqlmap.py -u 'http://alamat.com'  contoh lain: $ python sqlmap.py --url=”http://192.168.152.129/dvwa/vulnerabilities/sqli/? id=1&Submit=S

PHP Apps in a Subdirectory in Nginx

 location /pilkades {     alias /var/www/html/pilkades;     try_files $uri $uri/ @nested;     location ~ \.php$ {         include snippets/fastcgi-php.conf;         fastcgi_param SCRIPT_FILENAME $request_filename;         fastcgi_pass unix:/run/php/php7.4-fpm.sock;     } } location @pilkades {     rewrite /pilkades/(.*)$ /pilkades/index.php?/$1 last; } atau: location /alias {     alias  /var/www/htmlalias;     location ~ /([^/]+\.php)$ {       try_files /$1 =404;       fastcgi_pass unix:/var/run/php5-fpm.sock;       fastcgi_index index.php;       include fastcgi_params;       fastcgi_param SCRIPT_FILENAME $document_root$fastcgi_script_name;     }   }

Backup Mysql ALL Database with Specific Methods ( #! /bin/bash)

#! /bin/bash # backup-mysql.sh # # Craig Sanders <cas@taz.net.au> # this script is in the public domain.  do whatever you want with it. MYUSER="root" MYPWD="PASSWD" ARGS="--single-transaction --flush-logs --complete-insert" DATABASES=$( mysql -D mysql --skip-column-names -B -e 'show databases;' | egrep -v 'information_schema' ); BACKUPDIR=/var/backups/mysql YEAR=$(date +"%Y") MONTH=$(date +"%m") DAY=$(date +"%d") DATE="$YEAR-$MONTH/$YEAR-$MONTH-$DAY" mkdir -p $BACKUPDIR/$DATE cd $BACKUPDIR/$DATE for i in $DATABASES ; do   echo -n "backing up $i: schema..."   mysqldump $ARGS --no-data -u$MYUSER -p$MYPWD $i > $i.schema.sql   echo -n "data..."   mysqldump $ARGS --skip-opt --no-create-db --no-create-info -u$MYUSER -p$MYPWD $i > $i.data.sql   echo -n "backup full databases"   mysqldump $ARGS -u$MYUSER -p$MYPWD $i > $i.full.sql   echo -n "Backup views"